BELAJAR IPA

BAB I

METODE ILMIAH

Dalam modul ini akan dikaji tentang metode ilmiah. Metode ilmiah merupakan metode yang digunakan untuk memecahkan berbagai masalah secara ilmiah. Materi pembahasan akan difokuskan pada hal-hal tentang pengertian metode ilmiah dan langkah-langkah metode ilmiah. Modul ini dapat dipelajari secara mandiri, kerja kelompok atau tutorial. Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat:

1. memahami pengertian metode ilmiah.

2. menerapkan langkah-langkah metode ilmiah.

3. mampu mengidentifikasi objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik.

A. Materi Pembelajaran

Metode ilmiah adalah metode yang digunakan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan langkah ilmiah yang teratur, sistematis dan terkontrol.

Langkah-Langkah Metode Ilmiah

Rumusan langkah-langkah metode ilmiah yang biasa dilakukan para ilmuwan dalam memecahkan masalah adalah:

a. Observasi

Observasi adalah pengamatan terhadap lingkungan sekitar untuk menentukan objek yang paling tepat untuk penelitian.

b. Menentukan dan Merumuskan Masalah

Perumusan masalah dilakukan setelah melakukan observasi. Perumusan masalah

digunakan untuk membatasi objek penelitian yang akan dilaksanakan. Rumusan masalah diwakili oleh pertanyaan-pertanyaan tentang objek penelitian.

c. Merumuskan Hipotesis

Hipotesis adalah jawaban sementara atas masalah-masalah yang sudah dirumuskan.

d. Merancang Eksperimen

Eksperimen adalah percobaan yang dilakukan untuk menguji hipotesis yang ada. Sebelum eksperimen dilakukan, terlebih dahulu harus ada perencanaan/rancangan penelitian. Dalam perencanaan penelitian meliputi metode eksperimen yang akan digunakan, alat, bahan, teknik analisis data yang akan digunakan dalam eksperimen hingga mendapatkan hasil yang akurat.

e. Pelaksanaan Eksperimen

Pelaksanaan eksperimen dapat berjalan baik, bila perancangan eksperimen sudah matang. Pelaksanaan eksperimen adalah proses penelitian yang akan  menghasilkan data-data eksperimen yang akan dianalisis untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang sudah dirumuskan.

f. Pelaporan Penelitian

Di akhir penelitian akan dirumuskan suatu kesimpulan yang menjadi konsep/teori. Secara keseluruhan pelaporan penelitian berisi tentang rumusan masalah hingga hasil akhir (kesimpulan) dari proses penelitian. Pengkomunikasian hasil penelitian dapat dilakukan secara tertulis dan lisan, dalam bentuk penyampaian data-data hasil penelitian, analisis hasil penelitian dan kesimpulan yang dirumuskan untuk menjawab rumusan masalah yang ada.

1. Sikap Ilmiah

Seorang ilmuwan (sainstis) harus memiliki sikap ilmiah dalam melakukan kerja ilmiah menggunakan metode ilmiah. Beberapa sikap ilmiah yang harus dimiliki sainstis adalah:

a. Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu merupakan awal atau sebagai dasar untuk melakukan penelitian-penelitian demi mendapatkan sesuatu yang baru.

b. Jujur

Dalam melakukan penelitian, seorang sainstis harus bersikap jujur, artinya selalu menerima kenyataan dari hasil penelitiannya dan tidak mengada-ada serta tidak boleh mengubah data hasil penelitiannya.

c. Tekun

Tekun berarti tidak mudah putus asa. Dalam melakukan penelitian terhadap suatu masalah tidak boleh mudah putus asa. Seringkali dalam membuktikan suatu masalah, penelitian harus diulang-ulang untuk mendapatkan data yang akurat. Dengan data yang akurat maka kesimpulan yang didapat juga lebih akurat.

d. Teliti

Teliti artinya bertindak hati-hati, tidak ceroboh. Dengan tindakan yang teliti dalam melakukan penelitian, akan mengurangi kesalahan-kesalahan sehingga menghasilkan data yang baik.

e. Objektif

Objektif artinya sesuai dengan fakta yang ada. Artinya, hasil penelitian tidak boleh dipengaruhi perasaan pribadi. Semua yang dikemukakan harus berdasarkan fakta yang diperoleh. Sikap objektif didukung dengan sikap terbuka artinya mau menerima pendapat yang benar dari orang lain.

f. Terbuka Menerima Pendapat yang Benar

Artinya bahwa kita tidak boleh mengklaim diri kita yang paling benar atau paling hebat. Kalau ada pendapat lain yang lebih benar/tepat, kita harus menerimanya.

2. Kegunaan Metode Ilmiah

Dengan adanya sikap ilmiah dan metode ilmiah akan menghasilkan penemuan-penemuan yang berkualitas tinggi dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan manusia. Beberapa kegunaan metode ilmiah dalam kehidupan manusia antara lain:

a. Membantu memecahkan permasalahan dengan penalaran dan pembuktian yang memuaskan.

b. Menguji hasil penelitian orang lain sehingga diperoleh kebenaran yang objektif.

c. Memecahkan atau menemukan jawaban rahasia alam yang sebelumnya masih menjadi teka teki.

3. Kerja Ilmiah

Dalam mengembangkan metode ilmiah, para ilmuwan bekerja berlandaskan teori, hipotesis dan sistematis. Diawali dengan adanya masalah yang dihadapi, para ilmuwan berusaha mencari cara pemecahannya. Dalam mencari pemecahan, ilmuwan berusaha mencari keterangan melalui berbagai proses, misalnya membaca buku jurnal, maupun mengadakan observasi. Dari keterangan akan disusun sebuah hipotesis. Kebenaran hipotesis akan diuji melalui eksperimen. Dari eksperimen akan diperoleh data. Selanjutnya data akan diolah dan diperoleh kesimpulan. Untuk meyakinkan kebenaran dari kesimpulan hasil eksperimen, dilakukan eksperimen ulang. Setelah dilakukan eksperimen berulang-ulang hasilnya tetap sama maka kesimpulan tadi dapat diterima kebenarannya dandianggap sebagai teori atau hukum. Cara kerja ilmuwan dengan menerapkan langkah-langkah metode ilmiah, dikenal dengan kerja ilmiah. Di lingkungan sekolah, pengembangan metode ilmiah dilakukan melalui kerja ilmiah. Dalam kerja ilmiah, para siswa diperkenalkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses. Melalui pendekatan keterampilan proses, siswa dan instruktur dituntut senantiasa bersikap kritis terhadap segala permasalahan yang dihadapinya. Beberapa macam kemampuan keterampilan proses dalam kerja ilmiah harus ditumbuhkembangkan pada setiap siswa antara lain, mengamati/observasi, mengelompokan, mencari hubungan, meramalkan, menafsirkan, mengajukan pertanyaan, menerapkan/aplikasi, merencanakan percobaan dan  mengkomunikasikannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: